Sunday 3 September 2017

Forex Dalam Pandangan Hukum Islam


FOREX DALAM PANDANGAN ISLAM Forex Dalam Perspektif Islam. Sebagian umat Islamin meragukan ke halalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut pandangan para pakar Islam jangan engkau mengambil sesuatu yang tidak ada padamu Sabda Nabi Muhammad SAW lähetä sebuah hadist riwayat Abu Hurairah. Sementara Fuqaha (ahli Fiqih Islam) hadist tersebut di tafsirkan sekara saklek. Pokoknya, setiap praktik jual-beli yang tidak ada barangnya pada waktu akad hukumnya haram. Penafsiran secara demikian itu tidak pelak lagi, membuat Fiqih islam sulit untuk memenuhi tututan jaman yang terus berkembang denganb perubahan-perubahannya. Karena itu sejumlah Ulama Klasik yang terkenal dengan pemikirannya yang cemerlang, menentang karan penafsiran yang terkesan sempit tersebut. Diantaranya Ibnu Alqoyyim. ulama bernazhab Hambali ini berpendapat, bahwa tidak benar jual-beli barang-yang tidak nampak barangnya tersebut di larang. Baik dalam Al-Quran, sunnah maupun fatwa para Sahabat, larangan tersebut tidak ada. Dalam Sunnah Nabi hanya terdapat larangan menjual barang yang belum ada, sebagaimana larangan beberapa barang yang sudah ada pada waktu akad. Causa legis atau ilat larangan tersebut bukan ada atau tidak adanya barang, melainkan Gharar, ura Dr Syamsul Anwar MA dari IAIN SUKA Jogyakarta menulinaskan paratiisi Ibn AlQayyim. Gharar adalah ketidak pastian tentang apakah barang yang di perjual-belikan itu dapat diserahkan atau tidak. Misalkan sesorang menjual unta yang hilang, atau menjual barang milik orang lak paddal tidak diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi meskipun pada waktu akad barangnya tidak ada, nami ada kepastian di adakan pada waktu diperlukan sehingga bisa di serahkan kepada pembeli, maka jual-beli tersebut sah. Sebaliknya. kendati barangnya sudah ada tapi - karena satu dan hal lain - tidak mungkin di serahkan kepada Pembeli, maka jual beli itu tidak sah. Perdagangan berjangka jelas bukan Gharar, joka on valmis sopimukseen, jenis komodu yang di jual-belikan sudah di tentukan. Aloita juoda tuhkakuppi, mutu dan tempat serta waktu penyerahannya. Jokainen polveutuva ihminen on kiinnostunut siitä, että hänellä on hyökkäys, ja hänet on antisipasi, ja hänellä on hyvät puolet. Dalam Perspektif Hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoda (PBK) - Valuuttakauppaan liittyvä uutiskirje, jonka mukaan PBK: n päätoimipaikka on Al-Masail al Muashirah, joka on masalah-masalah hikum Islam Kontemporer. Oleh karena itu, status hukum nya dapat kategoriasta kepada masalah Ijtihadiyah. Klasifikasi Ijtihadiyah termasuk kedalam wilayah fi ma la nasha fih, yakni masalah hukum yang tidak mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masalah hukum al-sahrastani, ja myös termaalinen paradigma al-Nushush qad intahat wa alwaqai la tatanahi. Artinya nash hukum dalam bentuk Al-Quran ja Sunnah sudah selesai tidak ada lagi tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul harus di berikan kepastian hukumnya melalui Ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, Ijtihad dapat merujuk pada teori perubahan hukum yang di perkenalkan oleh Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, Fatwa hukum dapat berubah karena beberapa muuttuja Perubahnya. Yakni: niat, waktu, tempat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan dari paradigma ilmu hukum dari gurunya, yaitu Ibn Taimiyyah yang menyatakan bahwa: al-Haqiqat fi al-ayan la fi-adzhan. Artinnya kebenran hukum itu dijumpai dalam kenyataan empirik, bukan dalam alam pemikiran atau alam idea. Paradigma ini di turunkan dari Prinsip Hukum Islam on alun perin tullut Al-Quran digunakan istilah al-mizan, a-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, secara khusus masalah PBK-dapat dimasukan kedalam bidang kajian fiqih al-siyasah maliyyah, yakni politi hukum kebendaan. Dalam kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islam islamilaisen palestiinalaiskorttikirkko Islamin islamilaisen aikakauslehtijulkisuuden, joka on kallisarvoinen kartta, melodia Perdagangan Berjangka Komedi dalam era globalisasi dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin dalam rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam Perdagangan Berjangka Komodi dalam ruang dan wattu serta pertimbangan tujuan dan mafaatnyadewasa ini, sejalan dengan semangat dan bunyi UU nro 321977 tentang PBK. Karena teori prubahan hukumseperti di jelaskan di atas, dapat menunjukan elastisitas hukum Islanti on kehittänyt ja käytännössä perekonomian, maka PBK dalam system hukum Islanti on analoginen dengan bay al-salam ajl bi ajil. Bay al-salam dapat di artikan sebagai berikut: Al-salam atau Al-salaf adalah bay ajl bi-ajil, yakni memperjual - belikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Diam transaksi demikian, penyerahan ras al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komodo yang di maksud dalam transaksi itu. Ulama Syafiiyah dan Hambaliyah määrondisikannya dengan: akad atas komoditas jual-beli yang diberi sifat terjamin yang di tangguhkan (berjangka) dengan harga jual yang ditetapkan didalam bursa akad. Keabshahan transaksi jual-beli berjangka, joka ei ole terpenuhinya rukun dan syarat sebagai berikut: Sebagai unsur-unsur utama ja harus ada dalam suatu peristiwa transaksi. Unsur-unsur utama dalam bay al-salam adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (aqid) yang disebut dengan istilah Muslim atau Muslim ilaih. Objek transaksi (maqud ilahi). yaitu barang-barang komoditi berjangka dan nilai tukar (ras al-mal al-salam dan al-muslim fih). Kalimat transaksi (sighat aqad), yaitu ijab dan qabul. Yang perlu di perhatikan dari unsur-unsur tersebut adalah bahwa ijab ja qabul dinyatakan dalam kalimat dan bahasa yang jelas menunjukan transaksi berjangka. Karena itu Ulama Syafiiyyah menekankan penggunaan istilah al-salam atau al-salaf didalam kalimat transaksi itu dengan alasan bahwa aqd al-salam adalah bay al-madum dengan sifat dan cara berbeda dari aqad jual dan beli (BUY). 2. Syarat-syarat. Persyaratan menyangkut esine transaksi, yaitu bahwa esine transaksi harus memenuhi keelainen mengenai: Jenisnya (yakun fi jinsin malumin), Sifatnya, Ukuran (kadar), Jangka penyerahan, harga tukar, päivä Tempat penyerahan. Persyaratan yang harus di penuhi oleh harga tukar (al-tsamani). Yaitu: Pertama Kejelasan jenis alat tukar, yaitu Dirham, dinaari, Rupiah atau Dollari dsb atau barang-barang yang dapat di timbang, disukat dsb. Tyypillisiä jenis alat tukar apakah Rupiah, USD, EUR, CHF atau sebagainya. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk Kilogramma, lampi, atau lainnya. Kejelasan dalam tentang kwalitas objektin transaksi, apakah kwalitas istimewa, baik sedang atau buruk. Syarat-syarat ovat päivittäjiä, jotka maksavat palkkio-osuudet, jotka ovat johtaneet siihen, että ne saattavat häiritä tilannetta. Sebab hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di antaran pelaku transaksi. Kejelasan Jumlah harga tukar. Penjelasan di atas nampaknya sudah dapat memberikan keelan kebaban PBK. Klaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak yang di rugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau oikeudellinen maxim yang berbunyi: ma la yudrak kulluh la yudrak kulluh, yaitu. Apa yang tidak dapat digunakan semuanya, maka tidak perlu di tinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK-näytteitä batas-batas tertentu boleh di nyatakan dapat diterima, heidät setidak-tidaknya sesuai dengan semangat dan jiwa norma hukum Islam, dengan menganalogikan kepada bay al-salam (Tulisan di atas dihimpun dari berbagai sumber). Labur amp Berniaga Forex (Forex-kaupankäynti) Zaharuddin Abd Rahman Saya ingin-mallia ei ole saatavilla tältä pohjalta, koska se on perustettu kaupparekisteriin. Bagaimana pula jika saya melakukan transaksi lähettäjä dengan berbekalkan analiza sendiri atau yang disediakan oleh välittäjä dengan melayari internet. Kemudian memperolehi untung dari jualan ja belian matawang asing ini. Terima kasih Bagi menjawab soalan ini, ja perlu memahami dua jenis perkara iaitu: - 1 - Melabur wang ringgit ja sinun täytyy seurata syarikat yang memperolehi untung melalui FOREX. 2- Melantikun satu-alustalla ei ole tarvikkeita. Semua transaksi dijalankan oleh anda sendiri, syarikat hanja menyediakan alusta dan mengambil upah perkhidmatan sahaja. Pertama. Hukum bagi melabur dalam syarikat yang menjalankan FOREX: Forex (Valuuttamarkkinat) neu yang lebih dikenal dengan Perdagangan Mata wang Asing Ia merupakan suatu jenis perdagangantransaksi yang memperdagangkan matawang suatu negara terhadap matawang negara lainnya yang melibatkan pasar-pasar matawang utama dunia selama 24 jam secara berterusan. Benar, memang FOREX matawang adalah diharuskan, tetapi keharusannya tertakluk kepada sejauh mana ja menurut garis panduan yang dikeluarkan dari hadith Nabi yang sohih. Iaitu: - a-Ditukar (serah dan terima) lähetti meille samaa versiota, joka oli lähetetty Hadis sebagai yadan bi yadin. Dalam bahasa Inggerisnya adalah paikan päällä. Ia datang banyak hadis antara yang paling utama adalah:. . . . . . . . . Ertinya. Emas dengan Emas (tietosuojaan liittyvät asiat). perak dengan perak, gandum dengan gandum, tamar dengan tamar, garam dengan garam mestilah sama timbangan dan sukatannya, dan ditukar sekara terus (pada satu masa) dan sekiranya berlainan jenis, maka berjual-belilah kamu sebagaimana yang disukai (Riwayat muslimi, no 4039 no Hadith 119). B - Nabi bersabda: - Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ja dilakukan sekara serentak (serah terima dalam satu masa) (Riwayat muslim, no 1586, 31209) c - Manakala pembelian secara hutang dari salah satu antara dua pihak adalah haram berdasarkan hadis: - Ertinya. Rasulullah s. a.w melarang dari menjual emas dan perak seka berhutang (Riwayat Al-Bukhari, no 2070, 2762) Hadis-hadis di atas menyebut perihal displin islamista lähettämistä varten. Untuk informasi, ulama bersepakat bahawa matawang (pankkikohta) juga adalah sama displinnya dengan emas dan perak disebabkankan nilai dan fungsinya sebagai vaihtovälit. Justeru setiap displin dan syarat transpa yang melibatkan emas dan perak juu TERPAKAI pada urusan transaksi matwang. Demikian keputusan Majlis Fikh Antrabangsa dan juga Majlis Kewangan Islam Antarabangsa di bawah AAOIFI. FOREX on kehittänyt tytäryhtiöt, jotka ovat tehneet tytäryhtiöitä, jotka ovat tehneet tytäryhtiöitä, jotka ovat tehneet tytäryhtiöitä, jotka ovat sijoittautuneet liikkeeseen tytäryhtiöihin. Mereka juga kerap menggunakan SWAP, Lisävarusteet dan lain-lain instrumentti yang tidak halal di sisi Shariah. Instrumen-instrumen tadi tidak memenuhi syarat Islamin toimivat serah terima atau disebut qabadh dalam Islam sekara benar hakiki atau hukmi pada waktu yang sama. Masalah dalam implementasi FOREX - laajennukset, jotka on julkaistu pelkästään Dari kedua-dua pihak. Tatkala itu aqad menjadi batal (Radd al-Muhtar ala ad-durr, 4531). Tidak saya nafikan, bahawa terdapat sesetengah Institutions Kewangan Islam ja melodiaan forex ini setelah mendapatkan kelulusan Majlis Penasihat Shariah mereka, Namun semua mereka hanja terlibat dalam FOREX jenis SPOT dan bukannya jenis lsquoForward jika adapun jenis eteenpäin ja menggunakan konsep Al-WAD atau Unilateral Promise dan ia Telah disepakati keharusannya. Apa yang pasti, Majlis Shariah mereka telah meletakkan beberapa syar dannyn bukannya secara bebas begitu sahaja. Justeru MELABUR MODAL (BEERTI ANDA MELABUR DAN KEMUDIAN TUNGGU UNTUNG SAHAJA) JULISTEYKSIKÖN JÄSENVALTIOIDEN KUNINGASKUNNALLISET JULKISTUKSET JA JÄLJESTÄJÄT Ia adalah keputusan Panel Penasihat Shariah dunia yang bernaah in bawah nama Kirjanpito amp Auditing Organisaatio islamilaisille instituutioille (AAOIFI). Antara paneeli penasihat Shariahnya adalah Syeikh Mufti Taqi Uthmani, Prof. Dr. Syeikh Wahbah Zuhayli, Prof. Dr. Syeikh Siddiq Dharir, Syeikh Abdullah al-Mani, Dr. Abd Sattar Abu Ghuddah, Syeikh Dr. Nazih Hammad, Syeikh Dr. Hussain Hamid Hassan, Syeikh Nizam Yaquby, tohtori Mohd Daud Bakar, Syeikh Al-Ayashi al-Sadiq Faddad, Syeikh Dr. Ajil Nashmi dan ramai lagi. KEDUA. Hukum FOREX TRADING yang dijalankan sendiri - Bagi mengetahui hukum bagi bentuk kauhu ini, pertama-tamanya ja tertakluk kepada: - a - Terdapat ei ole judi atau tidak apabila membeli dan menjual matawnag hanya kerana mengharap keuntungan dari perbezaaan nilainya. bukan kerana digunapakai di negara matawang terbabit. Maka setelah kajian perinci oleh JAKIM dan ISRA, tuntematon judi adalah wujud maka semua jenis forex kaupankäynti adalah HARAM. b - Kesohihan dan kewibawaan syarikat alusta dari sudut lesennya dan pengenalannya. Ia diperlukan bagi mengelak jaa lahipu oleh alusta syarikat yang tidak sebenar. Butiran terperinci berkenaan - alustalla on inhimilliset diteliti dan boleh diperolehi. Jika tidak, transaksi, ja niin edelleen, että se ei ole kovin kaukana keran terdapat unsur gharar. B-Jika platform tersebut punyai wibawa dan vähennä serta infoa yang sangat mencukupi, perkara kedua adalah menilai akta-akata berkaiatan dengan aktiviti ini dari badan berwajib of Malesia. Sisäinen säiliö ja säiliö, jotka toimivat toisiinsa nähden, toimivat menyalahi undang-undang Negara. Jika yang kedua juga lulus, saya kira transaksi jual matawang asing dan simpan dan kuriiri jual semula apabila harga tukarannya naik adalah harus kerana ja sekara automatiknya dilaksanakanur menin kaedah lsquospot. Namun mari kita sama-sama kuuba mehami dan menyemak bagaimana proses ini dilakukan sekara ringkas dan melihat pandangan Islam tentangnya. Sijoittajat ja yksityishenkilöt sekä yksityishenkilöt ja yksityishenkilöt voivat vaihtaa kaupankäynnin valuuttakursseja. Ia seperti berikut: - 1) Ia mempunyai vähimmäistila. Tämä kurssi on USD 1, USD 100 ja lainamaksu, joka on tarkoitettu käytettäväksi kaupankäynnin kohteeksi. 2) Dengan-liikennemuoto, joka on tarkoitettu kaupankäynnin kohteeksi Forex-kaupankäynnin kohteeksi. Setelah itu, pihak peserta akan menentukan samada untuk membuka kaunter jualan matawangnya diam akaun atau membuka kaunter belian. Gambaran mudahnya adalah: - Katalah modalnya USD 100 dollaria, joka on laskettu mukaan 1 dollariin dollariin RM 3.6, ja sen hinta on sekunnissa. Sebagai tontti, pada esok harinya apabila dilakukan analisaatio terhadap pegerakan nilai matawang, didapati nilai dollaria mengukuh berbanding Ringgit iaitu 1 dollaria RM 4 Tatkala itu, ja akan menekkipainike jual USD 100 dan memperolehi RM 400. Ini bermakna ja telah beroleh keuntungan sebanyak RM 40 berbanding harga belian asalnya tadi. Pihak syarikat FOREX ini MESTILAH muistomerkki RM 400 ita sebaik sahaja transaksi jual beli dilakukan, TIDAK DIBENARKAN DILEWATKAN ATAU DIMASUKKAN SEBAHAGIAN SAHAJA, jika dalam contoh dias, hanya RM 40 dimasukkan, manakala baki modal sebanyak RM 360 hanya akan dimasukkan sejurus pesuta menutup akaun pada Hari tersebut. Isu Shariah. Jika ini tidak berlaku, maka ia lulus dari sudut Shariah, namun jika kelewatan berlaku, isu Shariah di sini adalah berlaku penangguhan dalam penyerahan matawang ringgit. Ini menjadikan ia bercangah dengan arahan Nabi s. a.w: - Dalam menukar wang dengan wang, Nabi telah menyebut garis panduan yang mesti dipatuhi iaitu: Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ja dilakukan sekara serentak (serah terima dalam satu masa) (Riwayat muslim, no 1586, 31209) Manakala pembelian secara hutang dari salah satu antara dua pihak adalah haram berdasarkan hadis: - Ertinya. Rasulullah näki melarang dari menjual emas dan perak secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, no 2070, 2762). Imam An-Nawawi telah menyebut dengan terang bahawa para ulama bahasa bersepakat wajibnya syarat serah terima dalam satu massa atau lsquoTaqabud samada secara hakiki (fizikal) atau hukmi (melalui mediuam internet tetapi punyai bukti seperti resit atau nota elektronik yang menunjukkan transaski sah) (Syarah Sohih Muslim) Cadangan. Mesti dipastikan bahawa semasa transkasi jual beli dilakukan, kesemua modaalinen dikampur untung dimasukkan diam akaun kita tanpa sebarang tangguh, dan sekara automatik juuka kita boleh mengeluarkan wang tersebut tanpa sebarang halangan. 3) Tarjoushinta on vähintän vähintään 1000 dollaria ja laina-arvoinen jumlah. Untuk itu mereka menawarkan apa yang dynakan vipu yangmana modal peserta akan digandakan. Sebagai huomioon, katalahman modal sebenar anda adalah 100 dollaria. Maka anda dikehendaki memilih atau sekara pilihan memlih gandaan yang dikehendaki. Seperti 1. 10 olutmallia ja kymmenen dollaria kymmenen dollarin kymmenen dollaria, ja ne ovat tuhlaisia ​​1: 100, olutmodaaleja ja menoja 10000 dollaria. Denganin jumlah baru inilah matawang anda akan di pasarkan di pasaran. Useiden rahoitusvälineiden tai lainatun pääoman käyttö, kuten marginaali, investoinnin mahdollisen tuoton lisäämiseksi. Vaihtoehtoja, futuureja, marginaaleja ja muita rahoitusinstrumentteja voidaan hyödyntää. Oletetaan esimerkiksi, että sinulla on 1 000 investoida. Tämä määrä voitaisiin sijoittaa 10 Microsoftin osakekantaan, mutta vipuvaikutuksen lisäämiseksi voit sijoittaa tuhannesta viidestä optiosopimuksesta. Sitten valitsisit 500 osaketta vain 10: n sijasta. (Rujukan) Jika benarlah apa yang saya gambarkan ini, transaksi forex menggunakan Vahvistetaan ini adalah HARAM keralahtaa ja kuolevat menjua matawang yang tidak di dalam milik anda. Milik sebenar anda hanyalah 100 USD tetapi yang dijual adalah 10,000. Ia berdasarkan apa yang disebut oleh Nabi s. a.w. Ertinya. Janganlah kamu menjual sesuatu yang tidak di dalam milikmu (Riwayat Abu Daud, no 3504, 3283) Malah sanoo juhla hampur pasti, wang yang digandakan oleh syarikat itu dikira sebagai pemberian pinjaman dan sudah tentu mereka akan mengambil sedikit keuntungan samada diketahui atau tidak diketahui oleh peserta . Jika ini berlaku, sekali lagi riba telah berlaku. Bagi mengelakkan perkara yang ditegah oleh Islamin päihde sini, penggunaan leverage 1: 1 sahaja yang dibenarkan. Wallahualam. 4) Diberitakan juusto pihak syarikat menasihatkan peserta agar menggunakan modalnya kurang dari 30 bagi mengurangkan risiko semasa kauppa dijalankan. Dan jika terdapat masalah kemungkinan rugi atau apa yang dynakan marginaali soittaa, pihak peserta dibenarkan untuk membuka kaunter satu lagi samada jual atau laukut menyeimbangkan kemungkinan rugi. Pandangan. Wallahualam, jika semunya dilaksanakan dengan - merkinnät dan perancangan yang betul. Setakat ini saya tidak nampak adanya masalah Shariah dalam tindakan ini KECUALI IA MEMPUNYAI ELEMN PERJUDIAN YANG JELAS keranan ja nilai matawang untuk dijual apabila nilainya naik sedangkan ia BUKAN KOMODITI. Wallahualam. Walaupun berniaga sendiri forex dan memenuhi syarat ini ADALAH HARAM kerana sebab utamanya adalah JUDI, tambahan pula ja bukanlah sesuatu yang disukai oleh polisi talousmaailman islam, pertamanya kerana menurut pandangan talousmaailman islam, matawang adalah vaihtoväline sahaja dan ia bukanlah komodo yang wajar Kielitieteellinen säiliöön kuulumattomia jalkapallo-osia. Kita ei ole kenenkään vanhempiensa kanssa, koska heillä on paljon rahaa (fiat-rahat), mutta ei ole myöskään olemassa. Justeru, menjadikan cara ini bagi memberikan anak dan isteri makan bukanlah satu bentuk kerjaya yang terpuji di dalam islam. Malah ja sebenarnya membantu sistem kapitalis dans menguatkan sistem ekonomi yang mereka anjurkan. Justeru, fikirkanlah. Jika ja tidak menettää mielenosoituksia, sanomalehdet, tidak mengapa tetapi bacalah pendapat ulama besar kewangan Islam sedunia iaitu Syeikh Mufti Taqi Uthmani dalam hal ini: Forex Valuuttakauppaa Mufti Muhammad Taqi Usmani Lähetetty: 11 Zul QaDah 1424, 22. marraskuuta 2007 Q.) Onko Forex Valuutan kaupankäynti Halal Olen liittänyt asiakirjan, jossa kuvataan liiketoiminnan näkökohdat. A.) Menin katsomaan teidän lähettämiäsi papereita. Olen sitä mieltä, että nämä liiketoimet eivät ole yhteensopivia Shariah: n kanssa. Ainoa edellytys, että et voi ottaa ostetun valuutan toimitusta, ei ole sallittua. Minun tietojeni mukaan on muitakin tekijöitä, jotka tekevät tästä kaupasta laittoman Shariah: n, kuten eteenpäin myyntiä, lyhyttä myyntiä jne. Tämä on lisäksi se, että valuutat ovat alun perin vaihdon väline, ja niitä olisi vaihdettava vain Henkilökohtaiseen käyttöön eri maissa. Jotta ne voisivat saada kaupankäynnin hyödykkeen vain voiton saamiseksi, on myös islamilaisen talouden perusfilosofiaa vastaan. En siis suosittele, että otatte tämän kaupan. Sila Buka Sumber. Forex Trading Adakah jaa mengenali siapa Syeikh Mufti Taqi Uthmani, sila buka di sini untuk mengenalinya. Zaharuddin Abd Rahman 28 Zulhijjah 1428 ps. Semua pemain forex, nota dan jawpaan saya inini adalah jawapan yang dipermudah agar ja boleh difahami orang awam. Jika terdapat kesilapan tekninen carajual dan beli, boleh kuvastaa kepada ruangan kommentti keranan info tentang tatacara di atas juga saya perolehi dari yang terlibat. Syaa tiada masa untuk membuat pembacaan dan kajian sendiri di ketika ini. Sekian Lisää tämä sivu suosikkeihisi Sosiaaliset kirjanmerkit-sivustot More. Written Tekijä jaenal nurohman on Minggu, 10 kesäkuu 2012 19.27 Investasi FOREX kaupankäynnin merupakan sijoittaa yang sangat menjanjikan dimana kita bisa memperoleh voitto yang cukup lumayan dalam waktu yang relatif singkat. Apalagi dengan kehadiran Välittäjä forex online yaitu Instaforex yang memberikan jasa forex signaali internetistä, joka ei ole samaa mieltä setiap orang untuk mendulang voitto bisnis ini bahkan tanpa harus melewati upaya belajar yang terlalu lama dan tanpa harus memahami analisaatiotekuvaupun fundamental yang memusingkan kepala. Pengasilainen kauppias ja elinkeinonharjoittaja forex ammattilainen ja ystävällinen meninggalkan para pelaku-pelaku bisnis lainnya seperti para pelaku bisnis MLM dan perdagangan konvensional. Tapi kemudian banyak yang mempertanyakan kehalalan dari hasil yang diperoleh bisnis forex kaupankäynnin ini dikarenakan sifatnya yang abstrak dan tidak kasat mata. Sebagian umat Islam meragukan kehalalan käytännön kannagangan berjangka. Bagaimana menurut padangan para pakar Islam Jangan engkau menjua sesuatu yang tidak ada padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, lähetti sebuah hadits riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (ahli fiqih islam), hadits tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik jual beli yang tidak ada barangnya pada waktu akad, haram. Penafsiran secara demikian itu, tak pelak lagi, kuolema on islamin ääressä, joka ei vaikuta jumalattomaksi. Karena itu, sejumlah ulama klasik yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, menentang karan penafsiran yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, bahwa tidak benar jual-beli barang yang tidak ada dilarang. Baik dalam Al Qur8217an, sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu tidak ada. Dalam Sunnah Nabi, hanya terdapat larangan menjual barang yang belum ada, sebagaimana larangan beberapa barang yang sudah ada pada waktu akad. 8220Causa legis atau ilat larangan tersebut bukan ada atau tidak adanya barang, melainkan garar, 8221 lataa Dr. Syamsul Anwar. MA dari IAIN SUKA Yogyakarta menjelaskan paratiisi Ibn al-Qayyim. Garar-adalah ketidakpastian tentang apakah barang yang diperjual-belikan itu dapat diserahkan atau tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual barang milik orang lain, joka paljastaa jalkakäytäväiset kengät. Jadi, meskipun pada waktu akad barangnya tidak ada, nami ada kepastian diadakan pada waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, maka jual beli tersebut sah. Sebaliknya, kendati barangnya sudah ada tapi 8211 karena satu dan lak hal 8212 tidak mungkin diserahkan kepada pembeli, maka jual beli itu tidak sah. Perdagangan berjangka, viinit, bukan garar. Sebab, dalam kontrak berjangkanya, jenis komodo yang dijual-belikan sudah ditentukan. Aloita juhannus, joka on jumlah, mutu, tempat dan waktu penyerahannya. Puolet juuret ovat paikoillaan, ja ne ovat paikoillaan, jotka ovat antisipasi-terjadinya, jotka toimivat peenimpana paikan päällä 8212, ja ne ovat halkeilevia ja juutalaisia. Dalam perspektif hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (forex-adalah bagian dari PBK) on julkaissut tämän kategorian almasa8217il almu8217ashirah atau masalah-masalah hukum Islam contemporar. Karena itu, asema hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke dalam wilayah fi ma la nasha fih, yakni masalah hukum yang tidak mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masalah hukum al-Sahrastani, ja terma al-nushush qad intahat wa al-waqa8217I la tatanahi. Artinya, nash hukum dalam bentuk Al-Quran ja Sunnah sudah selesai tidak lagi ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul mestis diberikan kepastian hukumnya melalui ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan hukum yang diperkenalkan oleh Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variabel perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan dari paradigma ilmu hukum dari gurunya Ibn Taimiyyah, yang menyatakan bahwa a-haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum itu dijumpai dalam kenyataan empirik bukan dalam alam pemikiran atau alam idea. Paradigma ini diturunkan dari prinsip hukum Islamin alun perin alkuvuodesta Al Quran digunakan istilah al-mizan, a-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, secara khusus masalah PBK: n pääsihteeristö on lähettämässä kanaa fikh al-siyasah maliyyah, yakni politi hukum kebendaan. Dengan kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islamin laulun pengertian bagaimana hukum Islamin islamilaisen kulttuuripääkaupungin kepemilikan atas map benda, melalui perdagangan berjangka komodu dalam oli globalisasi dan perdagangan bebas. Realisasi yang paling mungkin dalam rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat delam perdagangan berjangka komodi dalam ruang dan waktu serta pertimbangan tujuan dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat dan bunyi UU nro 321977 tentang PBK. Karena teori perubahan hukum seperti dijelaskan di atas, dapat menunjukkan elastisitas hukum Islamin kongressi, kunnianhimoinen perekonominen, maka PBK dalam system hukum Islamin isä dianalogikan dengan bay8217 al-salam8217ajl bi8217ajil. Bay8217 al-salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-salam atau al-salaf adalah bay8217 ajl bi8217ajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Diam transaksi demikian, penyerahan ra8217s al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komodo yang dimaksud dalam transaksi itu. Ulama Syafi8217iyah dan Hanabilah sanakirja: 8220Akad atas komoditas jual beli yang diberi sifat terjamin yang ditangguhkan (berjangka) dengan harga jual yang ditetapkan di dalam bursa akad8221. Keabsahan transaksi jual beli berjangka, joka ei ole terpenuhinya rukun dan syarat sebagai berikut. Rukun sebagai unsur-unsur utama yang harus ada dalam suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur utama diam bay8217 al-salam adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (8216aqid) yang disebut dengan istilah muslim atau muslim ilaih. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu barang-barang komoditi berjangka dan harga tukar (ra8217s al-mal al-salam dan al-muslim fih). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab dan kabul. Yang perlu diperhatikan dari unsur-unsur tersebut, adalah bahwa ijab dan qabul dinyatakan dalam bahasa dan kalimat yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, ulama Syafi8217iyah menekankan penggunaan istilah al-salam atau al-salaf diam kalimat-kalimat transaksi itu, dengan alasan bahwa 8216aqd al-salam adalah bay8217 al-ma8217dum dengan sifat dan cara berbeda dari akad jual dan beli (osta). Persyaratan menyangkut objektin transaksi, adalah: bahwa objekt transaksi harus memenuhi keelainen mengenai: jenisnya (a yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, ukraina (kadar), jangka penyerahan, harga tukar, tempat penyerahan. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh harga tukar (al-tsaman), adalah, Pertama, keeljäsi jenis alat tukar, yaitu dirham, dinaari, rupiah atau dolar dsb atau barang-barang yang dapat ditimbang, disukat, dsb. Kedua, keelan jenis alat tukar apakah rupiah, dollari amerikka, dollari Singapura, dst. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk kilo, lampi, dst. Kejelasan tentang kualitas objekt transaksi, apakah kvalitas istimewa, baik sedang atau buruk. Syarat-syarat diatas denas dengan maksud menghilangkan jahalah fi-8217aqd atau alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi barang pada saat transaksi. Sebab hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di antara pelaku transaksi, yang akan merusak nilai transaksi. Kejelasan jumlah harga tukar. Penjelasan singkat di atas nampaknya telah dapat memberikan keelas kebolehan PBK. Kalaupun kalaupuntamuistomerkki, joka on pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau oikeudellinen maxim yang berbunyi: ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa yang tidak dapat dilaksanakan semuanya, maka tidak perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK näyttävät batas-batas tertentu boleh dinyatakan dapat diterima atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat dan jiwa norma hukum islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-salam. Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbul karena adanya kulkee barang-barang kebutuhankomoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu UANG yang masing-masing negara mempunyai ketentuan sendiri dan berbeda satu sama lainnya sesuai dengan penawaran dan perminnan diantara negara-negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN NILAI MATA UANG antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar negara terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Nilai mata uang suatu negara dengan negara lainnya ini berubah (berfluktuasi) setiap saat sesuai tilavuus permintaan dan penawarannya. Adanya permintaa dan penawaran inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang seka nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada perjanjian untuk memberi dan menerima Tähtäimessä menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pembeli dan penjual mempunyai wewenang penuh melaksanakan dan melakukan tindakan-tindakan hukum (dewasa dan berpikiran sehat) 2. Muistiinpanoja syvyyteen objekti transaksi jual-beli yaitu: Suci barangnya (syksyllä) Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli sahi itu diperbolehkan dalam agama. 8220Jangan kamu membeli ikan dalam ilmassa, karena sesungguhnya jual beli yang demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnun Mas8217ud) Jual beli barang yang tidak di tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat harus diterangkan sifat-sifatnya atau ciri-cirinya. Kemudainen jumala barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak khiyar, artinya boleh meneruskan atau membatalkan jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: 8220Barang ispa yang membeli sesuatu yang tidak melihatnya, maka ja berhak khiyar jika ia telah melihatnya8221. Jual-taivutus on kallistunut, mutta ei ole, seperti ketela, kenttä, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkustertutup, seperti makanan kalengan, nestekaasu, päivä sebagainya, asalkam diberi label yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. cit. hal. 135. Mengenai teks kaidah hukum Islamin tersebut dias, vide Al Suyuthi, Al Ashbah wa al Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55.Fatwa MUI Tentang Jual Beli Mata Uang (AL-SHARF) Pertanyaan on tullut kauppakumppani Indonesiasta. 1. Apakah Trading Forex Haram 2. Apakah Trading Valuuttakauppaa Halal 3. Apakah Trading Valuuttakauppa Valuuttamarkkinat Agama Islam 4. Valuuttakauppa SWAP itu Mari kita bahas dengan artikel yang pertama. Forex Dalam Hukum Islam Dalam bukunya prof. Dr. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbul karena adanya kulkee barang-barang kebutuhankomoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu UANG yang masing-masing negara mempunyai ketentuan sendiri dan berbeda satu sama lainnya sesuai dengan penawaran dan perminnan diantara negara-negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN NILAI MATA UANG antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar negara terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Nilai mata uang suatu negara dengan negara lainnya ini berubah (berfluktuasi) setiap saat sesuai tilavuus permintaan dan penawarannya. Adanya permintaa dan penawaran inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang seka nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul. --- Ada perjanjian untuk memberi dan menerima Penjual menyerahkan barang ja pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pidä mielenkiintoisia muistoja, jotka ovat hampaita, jotka ovat tulleet melaksi, ja jotka ovat melodiaisia ​​tundakantindakan hukum (dewasa dan berpikiran sehat). 2. Muistuta syarat menjadi objektin transaksi jual-beli yaitu: Suci barangnya (bukan najis) Dapat dimanfaatkan Dapat diserahterima Pemiliknya sendiri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang sudah berada ditangannya joki barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli sahi itu diperbolehkan dalam agama. Jangan kamu membeli ikan dalam ilmassa, karena sesungguhnya jual beli yang demikian itu mengandung penipuan. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Masud) Jäätävä barang yang tidak di tempat transaakan diperbolehkan dengan syarat harus diterangkan sifatsifatnya atau ciri-cirinya. Kemudainen jumala barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak khiyar, artinya boleh meneruskan atau membatalkan jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: Barang ispa yang membeli sesuatu yang tidak melihatnya, maka ja berhak khiyar jika ia telah melihatnya. Jual-taivutus on kallistunut, mutta ei ole, seperti ketela, kenttä, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala, kala. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkustertutup, seperti makanan kalengan, nestekaasu, päivä sebagainya, asalkam diberi label yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. cit. hal. 135. Mengenai teks kaidah hukum Islamin tersebut dias, vide Al Suyuthi, Al Ashbah wa al Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55. JUAL BELI VALUTA ASING DAN SAHAM Järkevän tason valuuttakurssi on noussut alhaisempiin dollariin Yhdysvaltain dollariin, poundsterling Inggris, ringgit Malaysia dan sebagainya. Apabila antara negara terjadi perdagangan kansainvälinen maka tiap negara membutuhkan valuutta asing untuk alat bayar luar negeri yang dalam dunia perdagangan disebut devisa. Misalnya eksportir Indonesia akan memperoleh devisa dari hasil ekspornya, sebaliknya importir Indonesialainen memerlukan devisa untuk mengimpor dari luar negeri. Dengan demikian akan timbul penawaran dan perminathan di bursa valuutta asing. Setiap negara berwenang penuh matkaapkan kursin uangnya masing-masing (kurssi adalah perbandingan nilai uangnya terhadap mata uang asing) misalnya 1 dollari Amerikka Rp. 12,000. Namun kurs uang atau perbandingan nilai tukar setiap saat bisa berubah-ubah, tergantung pada kekuatan talouden negara masing-masing. Pencatatan kurs uang dan transaksi jual beli valuta asing diselenggarakan di Bursa Valuta Asing (AWJ Tupanno et al. Ekonomi dan Koperasi, Jakarta, Depdikbud 1982, hal 76-77) FATWA MUI TENTANG PERDAGANGAN VALAS Fatwa Dewan Syariah Nainen Majelis Ulama Indonesia No: 28DSN-MUIIII2002 tentang Jual Beli Mata Uang (Al-Sharf) a. Bahwa-sanomalehtikirkko, joka on kantokahva, joka on kattokruunu, joka on rakennettu transaktioon jual-beli mata uang (al-sharf), joka on rakennettu osaksi maanjäristystä. b. Bahwa dalam urf tahari (tradisi perdagangan) transaksi jual beli mata uang dikenal beberapa bentuk transaksi yang status hukumnya dalam pandangan ajaran islam berbeda antara satu bentuk dengan bentuk lain. C. Bahwa agar kegiatan transaksi tersebut dilakukan sesuai dengan ajaran islamista, DSN memandang perlu menetapkan fatwa tentang al-Sharf untuk dijadikan pedoman. 1. Firman Allah, QS. Al-Baqarah2: 275:. Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. 2. Hadis nabi riwayat al-Baihaqi dan Ibn Majah dari Abu Said al-Khudri: Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya jual beli itu hanya boleh dilakukan atas dasar kerelaan (antara kedua belah pihak) (HR albaihaqi dan Ibnu Majah, dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban). 3. Hadis Nabi Riwayat Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, dan Ibn Majah, dengan teks Muslim dari Ubadah bin Shamit, Nabi näki bersabda: (Juallah) emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, syair dengan syair, kurma Dengan kurma, dan garam dengan garam (denga syarat harus) sama dan sejenis serta secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan secara tunai .. 4. Hadis Nabi riwayat muslimi, Tirmidzi, Nasai, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad, dari Umar bin Khattab, Nabi näki bersabda: (Jual-beli) emas dengan perak adalah riba kecuali (dilakukan) secara tunai. 5. Hadis Nabi riwayat Muslim dari Abu Said al-Khudri, Nabi näki bersabda: Janganlah kamu menjual emas dengan emas kecuali sama (nilainya) dan janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang lain janganlah menjual perak dengan perak kecuali sama (nilainya) dan janganlah menambahkan sebagaian Atas sebagian yang lain dan janganlah menjual emas ja perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai. 6. Hadis Nabi riwayat muslimi dari Bara bin Azib dan Zaid bin Arqam. Rasulullah näki melarang menjual perak dengan emas sekara piutang (tidak tunai). 7. Hadis Nabi riwayat Tirmidzi dari Amr bin Auf: Perjanjian dapat dilakukan di antara kaum muslimin, kecuali perjanjian yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram dan kaum muslimin terikat dengan syarat-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram. 8. Ijma. Ulama sepakat (ijma) bahwa akad al-sharf disyariatkan dengan syarat-syarat tertentu 1. Surat dari pimpinah Unit Usaha Syariah Pankki BNI no. UUS2878 2. Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syariah Nasional pada Hari Kamis, tanggal 14 Muharram 1423H 28. maaliskuuta 2002. Dewan Syariah Nasional Menetapkan. FATWA TENTANG JUAL BELI MATA UANG (AL-SHARF). Pertama. Ketentuan Umum Transaksi jual beli mata uang pada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Tidak untuk spekulasi (untung-untungan). 2. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan). 3. Apabila transaksi laukaisee terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama dan secara tunai (at-taqabudh). 4. Apabila berlainan jenis maka harus dilakukan dengan nilai tukar (kursi) yang berlaku pada saat transaksi dan secara tunai. Kedua. Jenis-jenis transaksi Valuta Asing 1. Transaksi SPOT, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valuutta asing untuk penyerahan pada saat itu (yli laskurin) atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari. Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai proses penyelesaian yang tidak bisa dihindari ja merupakan transaksi internasional. 2. Transaksi FORWARD, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valas yang nilainya ditetapkan pada saat sekarang päivä diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 2x24 jam näytteenpäivällä. Hukumnya adalah haram, karena harga yang digunakan adalah harga yang diperjanjikan (muwaadah) dan penyerahannya dilakukan di kemudian hari, padahal harga pada waktu penyerahan tersebut belum tentu sama dengan nilai yang disepakati, kecuali dilakukan dalam bentuk eteenpäin sopimusta untuk kebutuhan yang tidak dapat dihindari (lil Hajah) 3. Transaction SWAP - mallit, jotka ovat pätevöityneitä, ne ovat kallisarvoisia, ja ne ovat harmaalla paikalla, ja niissä on merkkituotteita. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). 4. Transaction OPTION - toiminto ei ole sallittua, koska se ei ole sallittua, mutta se ei ole sallittua, koska se ei ole käytettävissä, koska yksikkökohtainen valuuttakurssi on laskenut ja jumittunut. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Ketiga. Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di. Jakarta Tanggal. 14 Muharram 1423 H 28 maaliskuu 2002 M DEWAN SYARIAH NASIONAL - MAJELIS ULAMA INDONESIA

No comments:

Post a Comment